Selasa, 31 Mei 2011

Gua Kristal di Meksiko: Kristal Alami Terbesar Di Dunia

Pernahkah melihat gua seindah ini? Kalo saya sih paling-paling ngeliat gua buatan manusia bekas galian pasir. Yah gua kristal…
Dikenal dengan sebutan The Sistine Chapel of Crystal, dalam bahasa meksiko: Cueva de los Cristales (gua kristal) mengandung beberapa kristal terbesar di dunia berupa balok-balok bening dari gip sepanjang 36 kaki atau 11 meter. Gua ini terdapat di kedalaman 950 kaki atau 290 meter di bawah tanah. Tepatnya terletak di komplek pertambangan Naica yang digali untuk timah, seng, tembaga, perak, dan emas. Penggalian dilakukan secara zig-zag setelah melewati kedalaman setengah mil atau 760 meter di bawah tanah. Gua ini  berbentuk tapal kuda dan dikelilingi oleh batuan keras selebar 30 kaki (10 meter) dan panjang 90 kaki (30 meter).
Aktivitas vulkanik yang berlangsung sekitar 26 juta tahun yang lalu membentuk gunung Naica dan mengisinya dengan gips panas membara. Ketika magma secara berangsur-angsur mendingin, gunung pun mendingin dan suhu menurun secara drastis, gip mulai membeku. Secara perlahan gips tersebut bercampur dengan air dan sulfat serta molekul kalsium yang selama jutaan tahun terkubur di gua dan sekarang menjadi kristal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar