Kamis, 30 Agustus 2012

Kopi Jadi Tidak Sehat Kalau Sudah Bikin Begini

Kopi dalam takaran yang wajar bisa memberikan manfaat seperti membangkitkan stamina hingga melawan kanker. Namun kopi bisa menjadi tidak sehat kalau sudah berlebihan dan memicu berbagai masalah.

Takaran minum kopi yang tergolong wajar berbeda-beda tergantung kebiasaan dan selera masing-masing orang. Biasanya 5 cangkir kopi tiap hari masih bisa ditoleransi dengan baik, meski ada juga yang sudah berdebar-debar meski hanya minum 1-2 cangkir saja.

Beberapa tanda kebiasaan minum kopi sudah berlebihan dan tidak sehat antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari Drinkhealthydrinks).

1. Ketergantungan
Dalam kondisi mengantuk, kopi sangat ampuh menjaga agar mata tetap terjaga dan pikiran tetap fokus. Namun sebaliknya, beberapa orang yang berlebihan minum kopi cenderung mengalami ketergantungan dan jadi gampang mengantuk kalau tidak minum kopi.

2. Gelisah dan susah tidur
Kandungan utama dalam kopi adalah kafein yang memiliki efek sebagai stimulansia, yakni pemacu kerja jantung sekaligus pembangkit tenanga. Apabila berlebihan, efek sampingnya adalah menjadi gelisah, gemetaran serta jantung berdebar-debar sekaligus susah tidur.

3. Beser dan sembelit
Efek lain dari kafein adalah diuretik atau peluruh kencing, sehingga wajar kalau jadi sering kencing saat terlalu banyak minum kopi. Berkurangnya cairan tubuh karena terlalu sering kencing membuat tinja atau kotoran menjadi lebih padat dan memicu sembelit karena susah dikeluarkan.

4. Gigi bernoda
Selain rokok, penyebab gigi bernoda yang paling sering dijumpai sehari-hari adalah kopi. Kalau hanya bernoda saja mungkin tidak masalah, tapi kopi biasanya juga disajikan dengan gula yang bisa memicu gigi berlubang kalau kadarnya sudah berlebihan.

5. Asam lambung
Apapun jenisnya, kopi punya 2 komponen rasa dasar yang sama meski perbandingannya mungkin berbeda yakni asam dan pahit. Jika diminum dalam kondisi perut kosong, kopi bisa meningkatkan kadar asam lambung dan memicu rasa tidak nyaman maupun refluks atau berbaliknya asam lambung menuju kerongkongan.

6. Iritasi lambung
Meningkatnya asam lambung akibat terlalu banyak minum kopi atau minum kopi dalam kondisi perut kosong juga bisa memicu iritasi atau luka pada dinding lambung. Biasanya tidak muncul seketika, melainkan dalam jangka panjang pada penggemar berat minuman kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar